Satuan Acara Pembelajaran (SAP)
Mata Kuliah :
Konsep
Kebidanan
Tingkat/Semester
: I/I
Pertemuan
Ke- :
Ke-17
Alokasi
Waktu :
2jam
Standar Kompetensi : Mahasiswa diharapkan mampu membedakan pengorganisasian praktek
asuhan kebidanan.
Kompetensi Dasar
: - Mahasiswa diharapkan mampu menyebutkan pengertian pengorganisasian praktek
asuhan kebidanan.
-
Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pengorganisasian praktek asuhan kebidanan.
-
Mahasiswa diharapkan mampu membedakan
pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan.
I.
Indikator
1.
Menyebutkan pengertian pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
2.
Menyebutkan macam-macam pengorganisasian praktek
asuhan kebidanan
3.
Menjelaskan Pelayanan Mandiri
4.
Menjelaskan pelayanan kolaborasi
5.
Menjelaskan Rujukan
6.
Membedakan praktek asuhan kebidanan
II.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menyebutkan pengertian pengorganisasian praktek
asuhan kebidanan
dengan benar.
2.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menyebutkan pengorganisasian praktek
asuhan kebidanan dengan
benar.
3.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pelayanan mandiri dengan benar.
4.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pelayanan kolaborasi dengan benar.
5.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan rujukan dengan benar.
6.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu membedakan pengorganisasian praktek
asuhan kebidanan
dengan benar.
III. Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap/waktu
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Kegiatan Dosen
|
Media dan Alat
|
Metode
|
Kegiatan Awal 5 menit
|
1. Menjawab salam dan memperhatikan
|
1. Mengucapkan salam, pembukaan
dan memperkenalkan diri
|
-
|
Ceramah
|
|
2.
Memahami cakupan materi dalam pertemuan ini
|
2.
Menyampaikan cakupan materi yang akan di bahas.
|
-
|
Ceramah
|
|
3.
Memahami tujuan pembelajarann dalam pertemuan ini
|
3.
Menggali pengetahuan mahasiswa dengan tujuan pembelajaran
|
-
|
Tanya jawab
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Inti
10 menit
|
1. a.Mahasiswa mengungkapkan tentang hal-hal yang
diketahui tentang pengertian pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan
b.Menyimpulkan tentang pengertian pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan
2.a.Mahasiswa mengungkapkan tentang hal-hal yang
diketahui tentang macam-macam pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
b.Menyimpulkan tentang pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan
c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan
3.a.Mahasiswa mengungkapkan tentang tanda tidak pasti
kehamilan
b.Menyimpulkan tentang tanda tidak pasti
kehamilan
c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan
4. a.Mahasiswa mengungkapkan tentang pelayanan mandiri
b.Menyimpulkan tentang pelayanan mandiri
c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan
5. a.Mahasiswa mengungkapkan
tentang pelayanan kolaborasi
b.Menyimpulkan tentang pelayanan kolaborasi
c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan
6. a.Mahasiswa mengungkapkan tentang pelayanan rujukan
b.Menyimpulkan tentang pelayanan rujukan
c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan
|
1. Menjelaskan tentang tanda-tanda kehamilan dengan cara:
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan
b. Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c. Menyimpulkan jawaban tentang tanda-tanda kehamilan
2. Menjelaskan macam-macam pengorganisasian praktek asuhan kebidanan dengan cara:
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan
b. Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c. Menyimpulkan jawaban tentang pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan
3. Menjelaskan tanda tidak pasti kehamilan dengan cara:
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang tanda tidak pasti kehamilan
b. Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c. Menyimpulkan jawaban tentang tanda tidak pasti kehamilan
4. Menjelaskan tanda pelayanan mandiri dengan cara:
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang pelayanan mandiri
b. Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c. Menyimpulkan jawaban tentang pelayanan mandiri
5. Menjelaskan tentang pelayanan kolaborasi dengan cara:
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang pelayanan kolaborasi
b. Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c. Menyimpulkan jawaban tentang pelayanan kolaborasi
6. Menjelaskan tentang pelayanan rujukan dengan cara:
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang pelayanan rujukan
b. Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c. Menyimpulkan jawaban tentang pelayanan rujukan
|
LCD, laptop, Spidol, white Board
LCD, laptop, Spidol, white Board
LCD, laptop, Spidol, white Board
LCD, laptop, Spidol, white Board
LCD, laptop, Spidol, white Board
LCD, laptop, Spidol, white Board
|
Diskusi
Ceramah
Diskusi
Ceramah
Diskusi
Ceramah
Diskusi
Ceramah
Diskusi
Ceramah
|
Penutup
3 menit
|
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Menjawab salam
|
1.
Memberikan kesimpulan dengan cara :
a.
Menanyakan kembali materi
yang telah diberikan
b.
Memberikan penguatan kepada
mahasiswa
2.
Memberikan informasi mengenai
materi yang akan disampaikan pada masa yang akan datang
3.
Memberi tugas membaca materi
berikutnya
4.
Menutup pertemuan dengan
mengucapkan salam
|
-
-
-
-
-
|
Tanya jawab
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
V.
Alat/Bahan/Sumber belajar :
Alat/Bahan
LCD, laptop, Spidol, white Board
Sumber belajar
VI. Penilaian
1.
Prosedur : Post tes
2.
Jenis : Kognitif
3.
Alat : Tes
4.
Bentuk tes : Subjektif (Tes lisan)
Lampiran
EVALUASI
PERTANYAAN
1.
Jelaskan pengertian tanda – tanda kehamilan !
2.
Sebutkan macam-macam tanda –
tanda kehamilan !
3.
Sebutkan tanda – tanda kemungkinan
kehamilan !
4. Suatu keadaan pada wanita sudah
menikah 5 tahun, yang ingin sekali mempunyai anak, dimana wanita tersebut
mengalami keluhan, perut besar karena kembung, pasien merasa pergerakan anak
yang dirasakan ialah pergerakan usus,buah dada membesar, mual dan muntah akan
tetapi pasien tersebut tidak hamil. Keadaan ini disebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar