SAP Langkah Manajemen Kebidanan

Satuan Acara Pembelajaran (SAP)

Mata Kuliah                         : Konsep Kebidanan
Kode M.K                              : Bd.401
Tingkat/Semester                  : I/I
Alokasi Waktu                       : 2 jam
Standar Kompetensi            : Mahasiswa diharapkan mampu membuat langka-langkah manajemen kebidanan.
Kompetensi Dasar                 : -    Mahasiswa diharapkan mampu  menyebutkan pengertian membuat langkah-langkah manajemen kebidanan.
-          Mahasiswa diharapkan mampu  menjelaskan membuat langkah-langkah manajemen kebidanan.
-          Mahasiswa diharapkan mampu  membuat langkah-langkah manajemen kebidanan.

I.          Indikator
1.      Menyebutkan pengertian langkah-langkah manajemen kebidanan.
2.      Menyebutkan langkah-langkah manajemen kebidanan.
3.      Menjelaskan langkah-langkah manajemen kebidanan.
4.      Membuat langkah-langkah manajemen kebidanan.

II.       Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menyebutkan pengertian langkah-langkah manajemen kebidanan dengan benar.
2.      Melalui ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menyebutkan langkah-langkah manajemen kebidanan dengan benar.
3.      Melalui ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan langkah-langkah manajemen kebidanan dengan benar.
4.      Melalui ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu membuat langkah-langkah manajemen kebidanan dengan benar.

III.    Metode    : Ceramah, tanya jawab, diskusi

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap/waktu
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Dosen
Media dan Alat
Metode
Kegiatan Awal
5 menit
1.      Menjawab salam dan memperhatikan
1.  Mengucapkan salam, pembukaan dan memperkenalkan diri
-

Ceramah

2.      Memahami cakupan materi dalam pertemuan ini
2.      Menyampaikan cakupan  materi yang akan di bahas.
-
Ceramah

3.      Memahami tujuan pembelajarann dalam pertemuan ini
3.      Menggali pengetahuan mahasiswa dengan tujuan  pembelajaran
-
Tanya jawab






Kegiatan Inti
90 menit
1. a.Mahasiswa mengungkapkan tentang hal-hal yang diketahui tentang langkah-langkah manajemen kenidanan

b.Menyimpulkan tentang pengertian langkah-langkah manajemen kenidanan c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan



2.a.Mahasiswa mengungkapkan tentang hal-hal yang diketahui tentang langkah-langkah manajemen kenidanan
b.Menyimpulkan tentang langkah-langkah manajemen kenidanan

c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan
1.  Menjelaskan tentang langkah-langkah manajemen kenidanan dengan cara:
a.       Menggali pengetahuan mahasiswa tentang langkah-langkah manajemen kenidanan
b.      Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c.       Menyimpulkan jawaban tentang langkah-langkah manajemen kenidanan

2.   Menjelaskan langkah-langkah manajemen kenidanan dengan cara:
a.       Menggali pengetahuan mahasiswa tentang langkah-langkah manajemen kenidanan
b.      Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c.       Menyimpulkan jawaban tentang langkah-langkah manajemen kenidanan





LCD, laptop, Spidol, white Board










LCD, laptop, Spidol, white Board




LCD, laptop, Spidol, white Board










Diskusi














Ceramah








Diskusi


Ceramah





Penutup
5 menit



Memperhatikan



Memperhatikan


Memperhatikan




Memperhatikan


Menjawab salam

1.      Memberikan  kesimpulan dengan cara :
a.    Menanyakan kembali materi yang telah diberikan
b.    Memberikan penguatan kepada mahasiswa
2.      Memberikan informasi mengenai materi yang akan disampaikan pada masa yang akan dating
3.      Memberi tugas membaca materi berikutnya
4.      Menutup pertemuan dengan mengucapkan salam


-



-


-


  

-


-


Tanya jawab





Ceramah




Penugasan


Ceramah
V.       Alat/Bahan/Sumber belajar      :
Alat/Bahan
LCD, laptop, Spidol, white Board
Sumber belajar
1.      Rita Yulifah, 2013. Konsep Kebidanan, Jakarta: Salemba Medika
2.      Asri Hidayat, 2009. Catatan Kuliah Konsep Kebidanan, Yogyakarta: Mitra Cendikia Press


VI.     Penilaian
1.      Prosedur          : Post tes
2.      Jenis                : Kognitif
3.      Alat                 : Tes
4.      Bentuk tes       : Subjektif (Tes lisan)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar