Satuan Acara Pembelajaran (SAP)
Mata Kuliah :
Konsep
Kebidanan
Kode M.K : Bd.401
Tingkat/Semester
: I/I
Alokasi
Waktu :
2 jam
Standar Kompetensi : Mahasiswa diharapkan mampu membuat langka-langkah
manajemen kebidanan.
Kompetensi Dasar
: - Mahasiswa diharapkan mampu menyebutkan pengertian membuat langkah-langkah
manajemen kebidanan.
-
Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan membuat langkah-langkah manajemen kebidanan.
-
Mahasiswa diharapkan mampu membuat langkah-langkah
manajemen kebidanan.
I.
Indikator
1.
Menyebutkan pengertian langkah-langkah manajemen kebidanan.
2.
Menyebutkan langkah-langkah
manajemen kebidanan.
3.
Menjelaskan langkah-langkah
manajemen kebidanan.
4.
Membuat
langkah-langkah manajemen kebidanan.
II.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menyebutkan pengertian langkah-langkah
manajemen kebidanan dengan
benar.
2.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menyebutkan langkah-langkah
manajemen kebidanan dengan
benar.
3.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan langkah-langkah
manajemen kebidanan dengan
benar.
4.
Melalui
ceramah dan diskusi mahasiswa diharapkan mampu membuat langkah-langkah manajemen kebidanan dengan benar.
III. Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap/waktu
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Kegiatan Dosen
|
Media dan Alat
|
Metode
|
Kegiatan Awal
5 menit
|
1. Menjawab salam dan memperhatikan
|
1. Mengucapkan salam, pembukaan
dan memperkenalkan diri
|
-
|
Ceramah
|
|
2.
Memahami cakupan materi dalam pertemuan ini
|
2.
Menyampaikan cakupan materi yang akan di bahas.
|
-
|
Ceramah
|
|
3.
Memahami tujuan pembelajarann dalam pertemuan ini
|
3.
Menggali pengetahuan mahasiswa dengan tujuan pembelajaran
|
-
|
Tanya jawab
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Inti
90 menit
|
1. a.Mahasiswa mengungkapkan tentang hal-hal yang
diketahui tentang langkah-langkah manajemen kenidanan
b.Menyimpulkan tentang pengertian
langkah-langkah manajemen kenidanan c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan
2.a.Mahasiswa mengungkapkan tentang hal-hal yang
diketahui tentang langkah-langkah manajemen kenidanan
b.Menyimpulkan tentang langkah-langkah manajemen
kenidanan
c.Memperhatikan penjelasan yang diberikan
|
1. Menjelaskan tentang langkah-langkah manajemen kenidanan dengan cara:
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang langkah-langkah manajemen kenidanan
b. Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c. Menyimpulkan jawaban tentang langkah-langkah manajemen kenidanan
2. Menjelaskan langkah-langkah manajemen kenidanan dengan cara:
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang langkah-langkah manajemen kenidanan
b. Memberi penguatan atas jawaban mahasiswa
c. Menyimpulkan jawaban tentang langkah-langkah manajemen kenidanan
|
LCD, laptop, Spidol, white Board
LCD, laptop, Spidol, white Board
LCD, laptop, Spidol, white Board
|
Diskusi
Ceramah
Diskusi
Ceramah
|
Penutup
5 menit
|
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Menjawab salam
|
1.
Memberikan kesimpulan dengan cara :
a.
Menanyakan kembali materi
yang telah diberikan
b.
Memberikan penguatan kepada
mahasiswa
2.
Memberikan informasi mengenai
materi yang akan disampaikan pada masa yang akan dating
3.
Memberi tugas membaca materi
berikutnya
4.
Menutup pertemuan dengan
mengucapkan salam
|
-
-
-
-
-
|
Tanya jawab
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
V.
Alat/Bahan/Sumber belajar :
Alat/Bahan
LCD, laptop, Spidol, white Board
Sumber belajar
1. Rita Yulifah, 2013.
Konsep Kebidanan, Jakarta: Salemba
Medika
2. Asri Hidayat, 2009.
Catatan Kuliah Konsep Kebidanan,
Yogyakarta: Mitra Cendikia Press
VI. Penilaian
1.
Prosedur : Post tes
2.
Jenis : Kognitif
3.
Alat : Tes
4.
Bentuk tes : Subjektif (Tes lisan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar